Monday 15 December 2014

"Bionic Eye": Sebuah Solusi Bagi Tuna Netra


 Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan organ tubuh manusia bisa digantikan dengan sebuah teknologi. Baru-baru ini ilmuwan menemukan teknologi Mata Bionik (Bionic Eye), sebuah perangkat yang didukung dengan Artificial Intelligent (AI), yang menggabungkan sebuah kacamata dengan kamera, serta dilengkapi dengan sebuah retina buatan yang canggih.



Sistem retina buatan ini mampu memperbaiki bahkan mengganti retina pada mata manusia. Bukan hanya digunakan untuk melihat, alat ini ternyata lebih canggih daripada yang dibayangkan. Pada alat ini, kamera yang disematkan menggunakan sebuah microchip untuk memproses apa yang ditangkap. Kemudian secara nirkabel microchip ini mengirimkan data pada retina buatan yang memiliki 60 elektroda di dalamnya. Elektroda ini yang memberi informasi ke dalam saraf manusia dengan memvisualisasikan cahaya, gerakan dan bentuk.

“Memungkinkan pasien untuk melihat spektrum visual dengan menggunakan perangkat yang berbeda. Kami juga dapat memberikan pengelihatan secara teleskopik (jarak jauh)," kata Brian Mech, Vice President Bussiness Development Second Sight, perusahaan yang bergerak dalam pengembangan Bionic Eye.

Menurutnya, mata bionik dapat melihat seluruh spektrum elektromagnetik yang mencakup penglihatan inframerah, sensor panas bahkan dapat mendeteksi kandungan gas-gas tertentu.

Bahkan bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan mata bionik ini dapat memiliki penglihatan X-Ray yang dapat digunakan dalam dunia militer atau penglihatan microscopic untuk melihat jutaan mikroba dalam penelitian ilmiah.

Saat ini mata manusia hanya dapat melihat sekitar 1 persen dari spektrum cahaya yang ada di dunia. Dalam beberapa dekade ke depan, besar kemungkinan pengembangan mata bionik ini akan dapat menggantikan mata biologis manusia.

Tentunya berita ini akan membawa kabar gembira bagi ribuan penyandang tuna netra. Alat ini bisa mewujudkan impian mereka untuk melihat keindahan dunia.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers