Thursday 18 December 2014

Fenomena Aneh: Muncul Piringan Es di Sungai Dee Scotlandia


Skotlandia, negara yang dikenal wisatawan dengan legenda monster di Danau Loch Ness. Namun siapa sangka, di negara yang menjadi bagian dari Inggris Raya ini memiliki keajaiban lain. Wisatawan yang menyusuri Sungai Dee, bakal melihat air sungai membeku membentuk piringan es yang banyak sekali.

'Ice Pancake', begitu orang menyebutnya  Piringan-piringan es ini mengambang di Sungai Dee, Skotlandia, yang bermuara di kota pesisir Aberdeen.

Adalah Jamie Urquhart, ahli biologi dari River Dee Trust yang menemukan dan mengambil gambarnya di Lummels Pool, salah satu area sungai di dekat Birse. Ini adalah fenomena unik, di mana permukaan air membeku dan membentuk seperti pancake.

"Mungkin tiap piringan membesar saat pecahan es kecil-kecil menabrak pinggirannya, menyatu dan ikut membeku," begitu penjelasan situs River Dee Trust.

Suhu udara menurun drastis pada malam hari. Sehingga diperkirakan, piringan es ini 'tumbuh' di malam hari. Situs River Dee Trust juga mengatakan, ini adalah pertama kalinya piringan es terlihat di Sungai Dee.

"Biasanya piringan es itu hanya terjadi di Antartika atau Laut Baltik," tulisnya.

Fenomena alam seperti ini pun tak jarang menjadi daya tarik wisatawan.





Categories:

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers