Sunday 21 December 2014

Cara Mudah Menentukan Nilai Sewa dan Jual Properti


Terkadang kita bingung menentukan nilai sewa dan jual properti yang pantas. Bahkan tak jarang kita mesti tengok kanan kiri dan tanya sana sini, untuk mengetahui nilai sewa dan jual properti. Nha...cara mudah dibawah ini bisa membantu anda dalam menentukan nilai sewa dan jual properti.

Saat ini, cara menentukan nilai sewa dan jual properti tidak lagi bisa berpatokan pada nilai jual objek pajak (NJOP) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Seperti yang kita ketahui NJOP dan PBB di Indonesia tidak bisa diandalkan karena besaran NJOP dan PBB bisa jadi hanya 25 persen dari nilai jual properti, bahkan tak jarang hanya 15 persen dari nilai jualnya.

Bahkan yang lebih parah lagi, di daerah yang kawasannya baru dibangun pertama kali besaran NJOP dan PBB-nya jauh sekali dari harga transaksinya.

Terus bagaimana cara paling mudah menentukan nilai sewa dan jual properti?

Nilai kewajaran harga sewa umumnya sebesar 5-8 persen per tahun dari nilai jual properti. Jadi bila harga propertinya adalah 1 Miliar, maka nilai sewa yang masuk akal adalah 50 juta s/d 80 juta per tahun.

Ada juga cara lain untuk menentukan nilai sewa sebuah properti yaitu dengan melihat acuan bunga deposito bank, meski hasilnya tidak jauh berbeda dengan 5 – 8 persen.

Dalam sektor properti, pelaku properti juga mengenal istilah yield. Yield adalah keuntungan yang dihitung dari nilai sewa per tahun dibandingkan dengan harga properti.

Sebagai pedoman investasi, berikut ini kisaran yield per tahun untuk beberapa produk properti.

Tanah Kosong : 0,5 persen - 2 persen

Rumah Sewa : 3 persen - 5 persen

Rumah Kos : 5 persen - 7 persen

Ruko dan Rukan : 6 5 – 9persen

Apartemen : 7 persen - 10 persen

Kios – dan Toko : 5 persen - 10 persen

Ruang Perkantoran : 7 persen - 10 persen

Bila harga jual sebuah rumah adalah 1 miliar maka nilai sewa wajarnya berkisar antara 30 juta hingga 50 juta.

Kesimpulannya bila nilai sewanya di bawah nilai itu, dapat dikatakan bahwa harga Rp1 miliar masih tergolong kemahalan. Sebaliknya bila nilai sewanya di atas nilai tersebut, dan harga jual bahwa nilai Rp 1 miliar adalah kemurahan.

Demikian cara mudah menentukan nilai sewa dan jual properti. Cara ini bisa anda jadikan pedoman saat akan menjual atau membeli properti.
Categories: ,

0 comments:

Post a Comment

    Text Widget

    Followers